Rabu, 10 Maret 2010

E-commerce


E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Bryan A. Garner juga menyatakan bahwa “E-Commerce the practice of buying and selling goods and services trough online consumer services on the internet. The e, ashortened from electronic, has become a popular prefix for other terms associated with electronic transaction”. Dapat dikatakan bahwa pengertian e-commerce yang dimaksud adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online di internet (dlm Abdul Halim Barakatullah dkk, 2005 : 12).
Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).
E- Commerce merupakan bidang multidisipliner (multidisciplinary field) yang meliputi:
·         Bidang teknik: jaringan, telekomunikasi, pengamanan, penyimpanan dan pengambilan data dari multimedia;
·         Bidang bisnis: pemasaran (marketing), pembelian dan penjualan (procurement and purchasing), penagihan dan pembayaran (billing and payment), manajemen jaringan distribusi (supply chain management);
·         Aspek hukum information privacy, hak milik intelektual (property right).
Jenis – jenis transaksi pada e-commerce :
·         Business-to-business (B2B). Kebanyakan E-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. E-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert.
·         Business-to-consumer (B2C). Ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen, atau seorang pelanggan. Contoh yang lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dan sebagainya.
·         Consumer-to-business (C2B). Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk-produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
·         Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya. Contoh yang terkenal adalah eBay.com, yaitu perusahaan lelang.
·          Nonbusiness E-Commerce. Dewasa ini makin banyak jumlah lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya, memperbaiki purchasing) atau untuk meningkatkan operasi dan layanan pablik.
Untuk e-commerce pasar Indonesia  besar memiliki potensi besar, diantaranya yaitu :
1.       Jumlah penduduk Indonesia yang besar
2.       Masih banyak yang belum terjangkau oleh Internet
ΓΌ  Jumlah pengguna Internet masih sekitar 5 juta orang
3.       Market belum saturasi
4.       Rentang fisik yang lebar merupakan potensi e-commerce
Dilihat dari potensinya diatas maka peluang e-commerce cukup besar, apalagi menghadapi era globalisasi yang notabene aktivitasnya menggunakan komputerisasi dan jaringan internet. Akan tetapi  tantangan yang dihadapi juga cukup besar, antara lain yaitu :
1.       Internet bust! Hancurnya bisnis Internet
2.       Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
3.       Delivery channel
4.       Kultur dan Kepercayaan (trust)
5.       Security
6.       Munculnya jenis kejahatan baru
7.       Ketidakjelasan hukum
8.       Efek sampingan terhadap kehidupan

Daftar Pustaka

  • elearning.amikom.ac.id/index.php/.../20091121_E-COMMERCE-1.ppt 
  • kholil.staff.uns.ac.id/files/2009/03/e-commerce-k-05.ppt  
  • hukbis.files.wordpress.com/2008/04/e-commerce-ver-2003.ppt 
  • kholil.staff.uns.ac.id/files/2009/03/e-commerce-k-05.ppt




Tidak ada komentar:

Posting Komentar