Kamis, 18 Maret 2010

tugas 2

Traksaksi lewat internet terus meningkat dikarenakan meningkatnya jumlah pengguna computer dan pengakses. Praktek jual beli berbagai barang dalam dunia onlline sudah tidak asing lagi bagi kita, kegiatan tersebut biasanya kita sebut e-mall. E-mall merupakan toko-toko yang mana kita dapat membeli barang yang kita butuhkan secara online di toko tersebut. Fasilitas yang disediakan e-mall mirip sekali atau bisa dibilang sama dengan mall di dunia nyata, mungkin letak perbedaannya hanya pada komunikasinya yaitu tidak bertemu secara langsung, mulai memperkenalkan produk sampai transaksi pembayarannya. Pada mall eletronik (e-mall) ditampilkan produk-produk dari berbagai toko, dan jika pengunjung mall tersebut tertarik untuk membeli maka sudah disediakan berbagai fasilitas sampai termasuk fasilitas untuk melakukan transaksi. Ada beberapa manfaat pembelian melalui online seperti menghemat waktu dan sangat efisien. Tetapi juga ada resikonya seperti serangan hacker dan crecker. Ada empat macam e-mall diantaranya:
  1. General stores : merupakan situs e-mall yang menjual berbagai macam barang. Contoh : Amazon.com
  2. Specialized stores : merupakan situs e-mall yang hanya menjual  1 jenis merek atau barang.Contoh : store.apple.com
  3. Regional vs global stores : Regional stores merupakan situs e-mall yang melayani transaksi hanya dalam wilayah regional saja. Sedangkan global stores merupakan situs e-mall layanan transaksi mencakup wilayah global. Contoh : gramediaonline.com (regional stores), Amazon.com (global stores)
  4. Pure online organization vs click-and-mortal stores : Pure online merupakan e-mall yang seluruh kegiatannya murni melalui online, hingga jasa pengirimannya ditanggung oleh situs tersebut. Sedangkan click-and-mortal stores sebaliknya, biasanya pada situs ini jasa pengirimannya memakai jasa perusahaan lain. Contoh : Animezet.com (Pure online organization),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar